Selasa, 26 Mei 2020

May-Day

Mengawali sebuah cerita bukanlah hal yang mudah. Bukan karena awal sebagai penentu akhir, tetapi karena awal adalah permulaan dari segala hal yang akan terjadi selanjutnya. 
Awal adalah hal yang paling tidak aku sukai. Mengawali sesuatu adalah hal yang paling menyulitkan untukku. Tidak, bukan berarti aku egois sebagai pemeran utama dalam sebuah cerita.
Aku bukanlah orang yang menyukai pertemuan yang harus diakhiri. Walaupun aku tahu bahwa tidak ada hubungan yang kekal di dunia ini dan banyak orang yang berusaha keras mempertahankan hubungan agar tidak menemui akhir.
Setiap proses sudah ditakdirkan pada dimensi yang sudah semestinya terjadi. Aku melihat banyak sekali awal yang datang dalam hidupku, seiring banyaknya hal yang ikut pergi darinya. Aku percaya semua ini sudah menjadi jalan yang seharusnya aku lewati. Tapi melihat semua ini terjadi begitu cepat, membuatku ingin berhenti sejenak. Berhenti dari pilu yang ada, berhenti dari segala kegelisahan yang hadir, dan berhenti dari segala siklus yang dapat menjadikan aku semakin hari semakin takut. Takut akan kehilangan yang teramat besar dalam hidupku. 
Ya, kehilangan jati diriku.
Mungkin hanya perasaanku saja, tetapi rasanya aku kembali (lagi) menyusun benteng pertahanan yang sudah terlihat retak. Banyak perlawanan yang membuat benteng ini lelah menahannya. Banyak sekali goresan luka yang terlihat memenuhinya sehingga benteng tersebut tidak terlihat kokoh sebagaimana mestinya.
Aku bukan tidak menerima kepergian seseorang dari hidupku. Aku selalu menyadari apapun yang datang pada akhirnya akan pergi. Itu adalah rahasia semesta. Walaupun semua ini sangat melelahkan untukku, aku selalu berusaha menerima semua ini dengan akal sehatku. Tapi ternyata tidak hatiku. 
Seperti kata pepatah "dalamnya lautan dapat diukur, dalamnya hati manusia tidak ada yang tahu".
Dan pada akhirnya aku hanyalah kenangan yang tinggal sejenak pada hidup seseorang. Yang hanya lewat tanpa diharapkan..

Jakarta, 25 Mei 2020 21:53

Tidak ada komentar:

Posting Komentar